Informasi Biografi: Biografi Frederick Grant Banting - Penemu Insulin Diabetes


Frederick Grant Banting Ia lahir tanggal 14 Nopember 1891 di Allison, Ontario Canada. Dia adalah anak bungsu dari lima bersaudara pasangan William Thompson Banting dan Margareth Grant. Selepas SMA meneruskan pendidikan di Universitas Toronto jurusan Teologi dan pindah ke jurusan kedokteran. Tahun 1916 Frederick mendapat gelar MB dan bekerja sebagai dokter di korps Angkatan Darat Kanada.Setelah Perang Dunia I berakhir ia bersekolah lagi mengambil jurusan ortopedi sambil bekerja di rumah sakit. Ia pun bekerja paruh waktu menjadi dosen ortopedik di University of Western Ontario Canada. Sejak tahun 1921 selama setahun Frederick menjadi dosen farmakologi Universitas Toronto dan mendapat gelar MD serta mendapat medali atas jasa-jasanya.

Frederick Grant Banting adalah dokter pertama di dunia yang menemukan insulin. Insulin adalah hormon yang mampu mengubah gula darah/glukosa menjadi gula otot/glikogen yang dihasilkan pada pankreas. Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan penyakit diabetes. Frederick bersama asistennya Dr Charles Best memulai percobaannya dalam penemuan insulin dan hasilnya cukup menggembirakan. Dibantu Macleod serta seorang ahli kimia James Collip melalui tehnik ekstraksi insulin ternyata mampu menghasilkan ekstrak insulin yang berguna seperti sekarang, lalu memproduksinya secara besar-besaran melalui kultur jaringan dengan bantuan mikro organisme. Sebelumnya, bagaimanapun, Banting telah menjadi sangat tertarik pada diabetes.

Karya Naunyn, Minkowski, Opie, Schafer, dan lain-lain telah menunjukkan bahwa diabetes disebabkan oleh kekurangan protein hormon yang dikeluarkan oleh pulau-pulau Langerhans di pankreas. Schafer hormon ini telah diberi nama insulin, dan ia diduga bahwa insulin mengontrol metabolisme gula, sehingga mengakibatkan kekurangan dalam akumulasi gula dalam darah dan ekskresi kelebihan gula dalam urin. Upaya untuk memasok makanan hilang insulin oleh pankreas pasien dengan segar, atau ekstrak dari itu, telah gagal, mungkin karena protein insulin dalam ini telah dihancurkan oleh enzim proteolitik dari pankreas. Masalahnya, karena itu, adalah bagaimana mengekstrak insulin dari pankreas sebelum itu sudah demikian hancur.

Sementara ia sedang mempertimbangkan masalah ini, Banting membaca dalam sebuah jurnal kesehatan artikel oleh Musa Baron, yang menunjukkan bahwa, bila saluran pankreas itu ditutup oleh ligatures percobaan, sel-sel pankreas yang mensekresikan tripsin merosot, tetapi bahwa pulau-pulau Langerhans tetap utuh. Hal ini disarankan untuk Banting gagasan bahwa ligasi dari saluran pankreas akan, dengan menghancurkan sel-sel yang mensekresi tripsin, menghindari penghancuran insulin, sehingga, setelah waktu yang cukup telah diizinkan untuk degenerasi dari tripsin-sel mensekresi, insulin mungkin dapat diekstraksi dari pulau-pulau Langerhans utuh.

Bertekad untuk menyelidiki kemungkinan ini, Banting dibahas dengan berbagai orang, di antaranya adalah JJR Macleod, Profesor Fisiologi di Universitas Toronto, dan Macleod memberinya fasilitas untuk kerja eksperimental atasnya. Dr Charles Best, kemudian mahasiswa kedokteran, Banting diangkat sebagai asisten, dan bersama-sama, Banting dan Best memulai pekerjaan yang mengarah ke penemuan insulin.


Pada tahun 1922 telah diangkat Banting Demonstrator senior di Kedokteran di University of Toronto, dan pada tahun 1923 ia terpilih di Banting dan Best Ketua Medical Research, yang telah dianugerahi oleh Badan Legislatif Provinsi Ontario. Ia juga ditunjuk Consulting Kehormatan Dokter ke Toronto General Hospital, Rumah Sakit untuk Sakit Anak-anak, dan Rumah Sakit Toronto Barat. Dalam Banting dan Best Institute, Banting berurusan dengan masalah-masalah silicosis, kanker, mekanisme tenggelam dan bagaimana untuk mengatasi itu. Selama Perang Dunia II ia menjadi sangat tertarik pada masalah-masalah yang berhubungan dengan terbang (seperti blackout).

Selain gelar kedokterannya, Banting juga diperoleh, pada 1923, gelar LL.D. derajat (Queens) dan D. Sc derajat (Toronto). Sebelum penghargaan Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran untuk tahun 1923, yang diterimanya bersama Macleod, ia menerima Penghargaan Reeve dari University of Toronto (1922). Pada tahun 1923, Parlemen Kanada yang diberikan kepadanya Hidup Anuitas dari $ 7.500. Banting pada tahun 1928 memberikan Cameron Kuliah di Edinburgh. Ia diangkat sebagai anggota berbagai akademi medis dan masyarakat dalam negeri dan luar negeri, termasuk Inggris dan Amerika Fisiologis Masyarakat, dan American Society Farmakologi. Ia dianugerahi gelar kebangsawanan pada 1934.

Tahun 1923 Frederick Banting dan Macleod menerima hadiah nobel dalam bidang kedokteran dan tahun 1924 Raja George V Kanada memberikan gelar knight (satria) kepadanya. Ia menikah dengan Marion Robertson tapi lalu bercerai dan menikah lagi dengan Henrietta Ball pada tahun 1937. Saat Perang Dunia II Frederick Banting bergabung dengan korps Angkatan Udara Kanada dan terlibat dalam berbagai proyek pembuatan senjata biologis, termasuk produksi bakteri antraks secara besar-besaran.


Tahun 1941, tepatnya tanggal 21 Februari Frederick Banting meninggal dalam suatu kecelakaan pesawat pada saat dia dalam penerbangan di New Founland..

Referensi :

- http://www.pendongeng.com/biografi-ilmuwan-penemu/495-frederick-grant-banting-penemu-insulin-diabetes-.html

Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar

My Favourite Posts

Archives