Selasa, 13 Maret 2012

Tokoh Terkenal: Biografi Pak Gesang - Pencipta Lagu Bengawan Solo



Biografi Pak Gesang - Pencipta Lagu Bengawan Solo
Nama Lengkap: Gesang MartohartonoNama Populer: GesangTanggal Lahir: 1 Oktober 1940 Tempat Lahir: Surakarta, Jawa Tengah
Wafat: 20 Mei 2010 Pencipta Lagu : Bengawan Solo

Pak Gesang Martohartono yang lebih populer dengan nama Gesang, lahir pada tanggal 1 Oktober 1940 di Surakarta, Jawa Tengah. Beliau  merupakan penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia. Pak Gesang dikenal sebagai "maestro keroncong  Indonesia," Salah satu lagu yang sangat terkenal di Indonesia dan juga Dunia adalah Bengawan Solo. Lagu 'Bengawan Solo'  telah diterjemahkan kedalam, lebih dari 10  bahasa termasuk bahasa Tionghoa, bahasa Inggris dan bahasa Jepang.
Lagu Bengawan Solo diciptakan pada tahun 1940, ketika Pak Gesang masih berusia 23 tahun.  Proses Penciptaan lagu Bengawan Solo  tersebut terinspirasi saat Beliau sedang duduk di tepi Sungai Bengawan Solo. Proses penciptaan lagu ini memakan waktu sekitar 6 bulan. Cukup lama untuk menciptakan sebuah lagu yang sangat indah dan sangat populer ini.

Lagu Bengawan Solo memiliki popularitas tersendiri di luar negeri, terutama di Negara Jepang. Bengawan Solo pernah  dipakai dalam salah satu film layar lebar Jepang.

Namun, Lagu Bengawan Solo Ciptaan Pak Gesang dibajak oleh orang belanda, penulis menonton acara berita telivisi di SCTV, akhir bulan April 2010 kemarin, ini yang membuat kesehatan Pak Gesang Turun drastis,  dan harus dirawat Di rumah sakit.
Pak Gesang Martohartono tutup usia tanggal 20 Mei 2010. Pencipta lagu Bengawan Solo ini wafat di ruang rawat ICU RS PKU Muhammdyah, Solo.


SELAMAT JALAN PAK GESANG, SEMOGA MENDAPAT TEMPAT YANG LAYAK DI SISI ALLAH SWT

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Gesang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar