Minggu, 11 Maret 2012

Informasi Biografi: Biografi Big Bang - Boyband Korea


Big Bang adalah boy band Korea Selatan. Kelompok ini terdiri dari 5 personel, masing-masing mempunyai bagian suara berbeda atau rapping. Sebelum meluncurkan karier mereka dengan perusahaan rekaman besar, masing-masing anggota Big Bang sudah tidak asing lagi dengan dunia hiburan. G-Dragon, sang pemimpin, dan Tae Yang telah menjadi anggota YG Entertainment sejak mereka berusia 12 tahun. Keduanya dikenal sebagai "GDYB" yang merupakan singkatan nama mereka berdua 'GD dari G-Dragon dan YB' dari Young Bae (nama asli Tae Yang). Anggota bernama T.O.P dikenal sebagai rapper hip hop underground, sementara Seung Ri pertama kali masuk ke dalam dunia industri hiburan ketika diikutsertakan dalam acara milik Shinhwa, "Let's Cokeplay Battle"

Setelah anggota Big Band lengkap, jaringan televisi MTV Korea membuat 10 episode dokumenter yang memuat tentang aktivitas mereka selama menjalani latihan sebelum diluncurkan sebagai boy band. Episode 6 bagian pertama merinci tentang motivasi dan latar belakang para amhhpya untuk menjadi seorang penyanyi. Dokumenter ini melukiskan proses latihan yang sangat berat seperti sesi menari dan menyanyi. Dua orang anggota, SO-1 dan Seung Ri telah dipertimbangkan untuk tidak diikutsertakan, tetapi mereka diberi kesempatan untuk memamerkan kebolehan mereka dalam hal menari dan menyanyi. Namun Yang Hyun Suk (CEO YG Entertainment) akhirnya mengeluarkan SO-1 karena ia dianggap "terlalu malu-malu". Sementara itu, Seung Ri membuat Yang Hyun Suk terkesan dengan ketrampilan menyanyi dan menari yang dimilikinya, dan dipilih sebagai anggota Big Bang. Video dokumenter ini dibuat untuk mengenang masa paling berat para personel Big Bang sebelum menjadi bintang di industri hiburan Korea.

Ketika banyak boy band yang memiliki tipe penyanyi yang imut, produser YG Entertainment ingin memudarkan citra imut, dan membuat sebuah boy band yang benar-benar bisa bernyanyi. Sebelum melakukan debutnya sebagai Big Bang, para personelnya pernah mengusulkan beberapa nama seperti Apex, Stump, dan Diamond. Yang Hyun Suk, produser dan pendiri YG Entertainment menganggap nama-nama yang diusulkan mereka terlalu kekanak-kanakan, dan menetapkan nama baru, yakni "Big Bang".


Big Bang secara resmi melakukan penampilan pertama mereka di konser YG Family, 19 Agustus 2006 di Gymnastics Arena, Taman Olimpiade Seoul. Pada mulanya Big Bang beranggotakan 6 orang, namun salah seorang personel telah gugur (dalam video dokumenter Big Bang episode 9) dan tidak diikutsertakan.

Sebelum merilis album pertama mereka, Big Bang merilis 3 EP secara berturut-turut dalam beberapa bulan. Mereka merilis EP pertama, The First Single (29 Agustus 2006) yang menghasilkan singel hit, "This Love". Lagu "This Love" merupakan pembuatan ulang dari lagu "This Love" milik boy band Amerika Maroon 5. Singel "This Love" laris terjual 17 ribu kopi di bulan Agustus 2006, dan selanjutnya masih laku kira-kira sebanyak 40 ribu kopi. Big Bang merilis EP kedua, "Big Bang Is VIP", sebulan kemudian pada 28 September 2006, dan terjual sebanyak 21 ribu kopi dalam tempo 1 bulan. Pada akhirnya "Big Bang Is VIP" mampu terjual sebanyak 32.000 kopi. Pada 22 November 2006, mereka merilis EP ketiga bertajuk B I G B A N G 0 3, dan sukses terjual hampir 30 ribu kopi.

Masih pada tahun yang sama, klub penggemar Big Bang didirikan dengan nama "V.I.P." (nama yang diambil dari judul singel kedua mereka, "Big Bang Is VIP"). Berbeda dengan klub penggemar yang lain, penggemar Big Bang tidak mempunyai warna balon khusus untuk memperlihatkan dukungan mereka pada Big Bang. Sebagai pengganti balon, mereka melambaikan sapu tangan atau bandana berwarna hitam dan putih yang merupakan warna Big Bang. Pada akhir Desember 2006, Big Bang menggelar konser pertama berjudul "The Real". Pada bulan berikutnya mereka merilis album perdana Since 2007 yang berisi kompilasi singel-singel yang beredar sebelumnya. Album perdana Big Bang terjual sebanyak 48.009 kopi hingga akhir Februari 2007.

Pada 8 Februari 2007, Big Bang merilis album konser berjudul The First / Real Life Concert yang terjual hampir 30 ribu kopi hingga akhir 2007. Dari Mei sampai Juli 2007, Big Bang menggelar tur keliling Korea pertama mereka yang diberi nama, "With You". Konser diadakan di 5 kota besar: Incheon, Daegu, Changwon, Jeonju, dan Busan.

Pada Agustus 2007, Big Bang merilis Always sebagai album mini perdana mereka, diikuti dengan promosi dan temu penggemar. Pemimpin grup G-Dragon mulai memproduksi dan menulis beberapa lagu untuk album Always. Album ini mendapat sambutan baik dari para penggemar dan kritikus musik, terutama lagu berjudul "ê±°ì§"말" ("Lies"). "Lies" menjadi lagu pertama dari Big Bang yang menjadi hit luar biasa. Di acara SBS Hit Songs, "Lies" menempati urutan pertama pada 27 September 2007. Lagu ini juga menduduki peringkat pertama dalam MBC's Music Core, KBS Music Bank, dan Mnet Countdown, serta sejumlah tangga lagu daring dan untuk beberapa minggu berturut-turut.

Big Bang mendapatkan sejumlah penghargaan pada akhir tahun 2007, termasuk Grup Pria Terbaik dan Lagu Terbaik dalam acara Festival Musik M.NET/KM 2007. Pada tahun 2008, Big Bang meraih Penghargaan "Daesang" (Artis Terbaik) dari 17th Seoul Music Awards. Album mini kedua, Hot Issue dirilis beberapa bulan setelah Always, dan menghasilkan singel hit mereka yang berikutnya, "Last Farewell" ("마지막 인사"). Seperti album mini sebelumnya, "Last Farewell" juga menempati peringkat atas berbagai tangga album. Dari Cyworld, Last Farewell memenangi penghargaan Song of the Month Digital Music Award, dan berada di peringkat atas tangga album Juke-On selama 8 minggu berturut-turut.

Konser keliling kedua mereka, Big Bang Is Great berlangsung dari 28 Desember hingga 30 Desember 2008. Tiket habis terjual dalam 10 menit. Akibat terlalu lelah dan cedera dalam konser, anggota Big Bang sampai harus masuk rumah sakit, dan kegiatan promosi mereka menjadi tertunda. Walaupun demikian, album dan singel Big Bang terus laris sehingga harus dicetak ulang. Setelah sukses di dalam negeri, Big Bang mempersiapkan peluncuran karier mereka di Jepang. Album bahasa Jepang pertama dari Big Bang, For the World dirilis tahun 2008. Album tersebut berisi lagu-lagu berbahasa Korea, dan hanya satu lagu berbahasa Jepang, "How Gee" (remix versi baru dari "How Gee" yang pernah dibawakan grup Jepang Black Machine). Album perdana mereka di Jepang sampai di peringkat 14 tangga lagu Oricon, dan terhenti di urutan ke-10 akibat kurang promosi. Pada 28-29 Maret 2008, Big Bang mengadakan konser di JCB Hall, Tokyo Dome City. Selain itu, mereka juga merilis album mini di Jepang pada akhir Mei dengan judul With U.

Setelah usaha mereka di Jepang berakhir, Big Bang kembali ke Korea pada pertengahan 2008. Sesudah tertunda beberapa kali akibat kegiatan solo personel Big Bang, mereka merilis album mini ke-3, Stand Up. Dalam album mini tersebut, Big Bang berkolaborasi dengan grup Daishi Dance. Bersama grup rock Korea No Brain, mereka menghasilkan lagu berirama punk rock, "Oh My Friend". Dari album mini tersebut dikeluarkan singel Day By Day (하루하루). Seperti album-album sebelumnya, G-Dragon sangat terlibat dalam proses produksi Stand Up. Semua lagu di dalam album tersebut merupakan ciptaan G-Dragon, kecuali "A Good Man" yang diciptakan T.O.P.. Album mini Stand Up laris melampaui 100.000 kopi, sementara singel "Day By Day" menempati urutan teratas tangga-tangga lagu Korea Selatan selama 6 minggu berturut-turut. Pada saat yang hampir bersamaan, Big Bang merilis lagu berbahasa Jepang, "Number 1" dari album berjudul sama, Number 1, dan memperkenalkan lagu mereka di berbagai acara radio dan televisi di Jepang. Menjelang penutupan tahun 2008, Big Bang merilis album Korea, Remember yang menghasilkan singel 붉은노을 ("Sunset Glow").

Anggota Big Bang

G-Dragon
Nama asli: Kwon Ji Yong (권지용)
Tanggal lahir: 18 Agustus 1988 (umur 23)
Pendidikan: Seoul Korean Traditional Arts Middle & High School of korean
Penampilan pertama: DaeHanMinGook Hip Hop Flex 2001
Posisi: Pemimpin, rapper, penulis lirik, pencipta lagu

Taeyang (SoL)
Nama panggung: Tae Yang, SoL
Nama kecil: YB Taekwon
Nama asli: Dong Young Bae (동영배
Tanggal lahir: 18 Mei 1988 (umur 23)
Pendidikan: Chung-Ang University
Penampilan pertama: YG Family 2nd Album 2002
Posisi: vokalis, koreografer

T.O.P
Nama asli: Choi Seung Hyun (최승현)
Tanggal Lahir: 4 November 1987 (umur 23)
Pendidikan: Seoul Art College (jurusan musik)
Posisi: rapper, beat boxer, pencipta lagu
[sunting]Daesung (D-Lite)
Nama panggung : Dae Sung, D-Lite
Nama asli: Kang Dae Sung (강대성)
Tanggal lahir: 26 April 1989 (umur 22)
Pendidikan: Sekolah Menengah Atas KyeongIn
Posisi: Vokalis

Seungri (Victory)
Nama panggung: Seung Ri, V.I
Nama kecil: V & Victory
Nama asli: Lee Seung Hyun (이승현)
Tanggal lahir: 12 Desember 1990 (umur 20)
Posisi: vokalis, koreografer

Mantan anggota
SO-1
Nama asli: Jang Hyun Seung (장현승)
Tanggal lahir: 03 September 1989 (umur 22)
SO-1 tidak diikutsertakan lagi sejak episode ke-9 video dokumenter mereka[4]. Sekarang tergabung dalam boy band lain yang diberi nama B2ST.

Album
Album Korea
Volume 1: Since 2007 (21 Desember 2006)
Volume 2: Remember (5 November 2008)

Album Jepang
For The World: (4 Januari 2008)
Volume 1: Number 1 (22 Oktober 2008)
Volume 2: With You

EP Korea (album mini)
Always (16 Agustus 2007)
Hot Issue (22 November 2007)
Stand Up (8 Agustus 2008)
Big Bang 4th Mini Album (25 Februari 2011)

Referensi :

- http://id.wikipedia.org/wiki/Big_Bang_(grup_musik)

Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar